7 Saran Penting sebelum Pasang Iklan di Media Online


Tujuh saran penting sebelum pasang iklan di media online, kebetulan karena saya juga begerak di bidang media online maka bebrapa saran ini sangat membantu sebelum calon pemasang iklan beriklan di media online.

Sebelum memasang simak penjelasan bagaimana caranya memaksimalkan iklan di media online berikut ini agar mendongkrak penjualan produk/jasa yang kita jual di media online bersangkutan.

Baik dengan modal iklan yang akan dikeluarkan besar maupun kecil berikut ini tipsnya agar hasil yang diperoleh maksimal.

Karena sangat menentukan media online mana sajakah yang layak untuk menjadi mitra publisher iklan kita di internet. Membaca tips ini memandu calon pengiklan memahami pasar periklanan digital di internet yang saat ini tumbuh baik.

Periklanan digital mendorong materi iklan baik produk maupun jasa lebih cepat sampai kepada pembaca internet dengan menerapkan iklan-iklan kita di media online.

Sangat penting juga untuk memahami karakter dari media online yang akan kita pasangi. Semakin baik target yang ditayangkan dari media online yang bersangkutan semakin baik potensi calon konsumen membeli produk/jasa kita dari iklan yang di pasang.

Menentukan budget atau biaya yang disediakan untuk beriklan sangat penting sebelum memasang iklan di media online. Budget yang terukur dan tertarget mendorong hasil yang maksimal. Agar beriklan tidak menjadi percuma.

Berikut ini tipsnya penting sebelum memasang iklan di media online :



1. Buat daftar list media online

Sebelum memasang iklan di media online, coba ajak bagian marketing untuk melakukan riset sederhana dengan mencari informasi daftar list media online yang ada yang bisa dipasangi iklan.

Membuat list daftar media online dari mulai urutan nama media online yang populer hingga yang tidak populer.

Tanyakan juga track rekor media online yang bersangkutan dengan menanyakan langsung dari sumber yang berada dekat dengan perusahaan media online. Usahakan tidak langsung ke perusahaan media online bersangkutan melainkan kepada masyarakat setempat di lingkungan perusahaan.

Targetkan iklan berdasarkan lokasi dan pembaca terbanyak media online yang akan dipasangi iklan. Ini untuk memastikan iklan kita benar-benar tertarget baik.

Terget minat pembaca media online dengan banyak bertanya kepada sumber yang sekiranya paham atau bisa melihat langsung topik pembahasan.

Buat daftar list media online yang topik pembahasannya dekat dengan target pasar yang ingin kita capai. Semakin mendekati target pasar semakin baik.

List media online dari yang paling tertarget hingga yang kurnag tertarget dengan media online. Berdasarkan skala prioritas.



2. Cek pengunjung web media online

Cara sederhana mengecek berapa banyak pengunjung web media online yang akan dipasangi iklan adalah dengan mengeceknya di Alexa Rank dengan mengunjungi http://www.alexa.com .

Tools ini membantu calon pengiklan mengetahui ranking web media online. Tidak harus menggunakan Google Analytics cara sederhana dengan Alexa Rank tadi.



3. Cari promo pemasangan iklan

Setelah membuat daftar list media online yang akan dipasangi iklan yaitu dengan cara melakukan pencarian media online mana saja yang sedang menyediakan promo iklan. Promo iklan ini tentu penting untuk memastikan budget marketing dapat diminimalisir.



4. Tentukan biaya untuk pasang iklan

Tentukan besaran biaya yang harus dibayarkan untuk memasang iklan di media online. Biaya yang dikeluarkan tidak harus besar yang penting tertarget. Tentunya dengan perhitungan matang agar tidak menghambur biaya marketing.

Dengan beriklan tepat dan terjadwal akan meningkatkan efisiensi anggaran yang dimiliki perusahaan untuk beriklan.



5. Targetkan iklan berdasarkan minat

Cari minat pembaca pada media online dengan mengeceknya langsung dari topik bahasan berdasarkan perikiraan. Bila perlu coba cari tahu topik apa saja yang selalu populer di media online bersangkutan.

Atau dapat juga dengan melihatnya dari Alexa Rank tadi karena disana terlihat gambaran sederhana kata kunci yang banyak dicari pembaca di media online tersebut.



6. Sediakan format iklan

Buat format iklan baik iklan gambar, teks, atau video yang sekiranya dapat mendongkrak dan menarik pembaca untuk melihat iklan kita dan melakukan pay out atau pembelian. Usahakan format iklan yang berada dekat dengan tulisan atau postingan di media online. Tidak harus di halaman utama media online bersangkutan.

Karena yang paling penting itu saat orang membaca dengan iklan kita muncul di sampingnya seakan-akan hadirnya iklan kita menjadi sangat membantu.

Misalnya ada orang yang membaca media online judulnya tentang memperbaiki motor yang mati mendadak, nah kemudian di sampingnya ada iklan dealer bengkel kita, pasti pembaca akan langsung mengklik iklan kita.



7. Responsife 24 jam 30 hari

Setelah memasang iklan di media online sangat penting selanjutnya adalah pembaca atau calon pembeli mengetahui nomor kontak kita yang dapat dihubungi selama 24 jam selama sebulan. Karena bisa saja yang membaca media online membukanya dimalam hari.

Sediakan nomor yang siap dihubungi 24 jam untuk melayani pembelian. Usahakan jangan nomor telefon kantor melainkan nomor marketingnya langsung yang itu memang disedikan untuk layanan pembelian, nomor telkomsel, indosat, atau xl.



NOTE: Nah bila sudah demikian tunggu hasilnya seberapa banyak penjualan yang kita lakukan. Bila dirasa kurang maksimal coba untuk membuat penawaran ulang di media yang sama atau di media lain.

Kalaupun dirasa sulit coba untuk memasang iklan di media periklanan milik Google. Yaitu dengan menggunkan periklanan Google Adwords.

Comments